Perpustakaan Desa

Administrator 27 Februari 2018 06:52:50 WIB

PERPUSTAKAAN DESA

 

Pemerintahan desa merupakan suatu bagian dari sistem pemerintahan negara Indonesia, yang memiliki struktur terdiri atas desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/ kota, provinsi dan pemerintahan pusat. Tugas pokok dan fungsi dari pemerintah desa adalah menyelenggarakan pemerintahan, kemasyarakatan, dan pembangunan. Tugas pokok itu kemudian bisa dijabarkan dalam hal pelayanan umum dan perlindungan kepada seluruh lapisan warga/masyarakat.

Dengan hal itu maka semua potensi yang ada di setiap desa perlu secara terus menerus dan teratur dikembangkan dan diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Desa merupakan lembaga pemerintahan dengan wilayah hukum yang berada pada posisi yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Setiap desa di seluruh wilayah nusantara mempunyai kedudukan dan posisi yang sangat strategis karena menyatu dengan masyarakat dalam kehidupan desa yang harmonis, selaras dan seimbang. Sebuah kehidupan dengan nilai-nilai, norma, budaya, adat-istiadat, kekerabatan, kearifan lokal, dan nuansa religius serta keramahan lingkungan. Desa sebagai penyelenggara pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan perlu dilengkapi, difasilitasi, dan didukung dengan pembentukan lembaga-lembaga layanan sosial dan layanan publik. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan pelayanan yang diperlukan oleh masyarakat. Salah satu lembaga untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat yaitu perpustakaan.

Menurut definisi UU No. 43 Tahun 2007 pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka (referensi : https://www.academia.edu/20816984/PERAN_PERPUSTAKAAN_DESA_DALAM_MENINGKATKAN_MINAT_BACA_MASYARAKAT)

Berdasarkan hal tersebut maka Desa Cangkring telah berupaya merintis Perpustakan Desa yaitu Perpustakaan “ SUMBER ILMU”, ini Bertujuan memberi fasilitas kepada masyarakat guna untuk meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan secara umum bagi warga masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Cangkring

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Penerjemah Bahasa

Link

Join